Budidaya Ubi Jalar

Ubi Jalar

        Ubi jalar, atau dalam bahasa inggris disebut Sweet potato merupakan salah satu jenis tanaman umbi umbian. Ubi jalar adalah tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup besar. Saat ini ubi jalar memiliki peran penting dalam memajukan sektor perekonomian. Di Indonesia sendiri budidaya ubi jalar mulai mengalami peningkatan, hal ini disebabkan permintaan akan konsumsi ubi jalar semakin tinggi. Menurut REPUBLIKA.CO.ID, Ekspor ubi jalar dari Indonesia per tahunnya cukup besar mencapai 15-18 ribu ton per tahun. Bahkan di masa pandemi ini mengalami tren kenaikan.

Berdasarkan data diatas admin ingin memberikan tips budidaya ubi jalar yang baik, berikut ulasannya.
 

A. PERSIAPAN LAHAN

    Persiapan lahan merupakan langkah dasar dalam proses budidaya ubi jalar. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Penggemburan tanah
      Lahan yang harus disiapkan adalah lahan dengan tanah yang gembur. ubi jalar termasuk jenis tanaman buah dari akar, maka dari itu lahan yang akan digunakan sebaiknya memiliki tekstur tanah yang tidak keras atau padat. Apabila lahan yang akan digunakan memiliki tekstur tanah padat maka sebaiknya di gemburkan dahulu menggunakan traktor.
  • Pemberian pupuk dasar
        Pupuk dasar sangat diperlukan tanaman ubi jalar, tanpa pupuk dasar tanaman ubi jalar tidak akan bisa maksimal menghasilkan buah. Pupuk dasar yang disarankan adalah KOHE (kotoran hewan) ditambah SP-36 + Kaptan (Kapur pertanian)
  • Pembuatan bedengan

        Pembuatan bedengan sebaiknya dilakukan setelah pemberian pupuk dasar agar hasil bisa maksimal. Bedengan yang disarankan sebaiknya dibuat dengan ukuran Lebar 50 cm dan tinggi 30 cm, panjangnya disesuaikan kondisi tanah, dan jarak antar bedengan (lebar parit) sekitar 20 cm. 

Bedengan Ubi Jalar

B. PENANAMAN

    Penanaman ubi jalar dilakukan ketika bedengan sudah siap. bibit ubi jalar yang ditanam berasal dari stek tanaman ubi jalar. Stek bisa di ambil pada tanaman yang sudah tumbuh atau bisa juga dari semaian buah ubi jalar untuk kualitas bibit yang unggul. Bibit stek yang di ambil berukuran panjang sekitar 10 cm - 12 cm. Cara penanamanya stek ditancapkan kedalam tanah, stek yang ditancapkan minimal 3 ruas stek.

C. PEMUPUKAN SUSULAN

    Pemupukan susulan dilakukan ketika tanaman sudah memasuki umur 20 - 30 HST. Pupuk yang diberikan adalah pupuk untuk pembuahan umbi. Pupuk yang disarankan adalah pupuk Mutiara buah, KCL, bila perlu berikan pupuk borate dengan kadar yang sesuai -+ 1 gram per tanaman.

D. PERAWATAN

    Perawatan ubi jalar dapat mulai dilakukan ketika rambatan tanaman tersebut sudah mulai banyak. caranya yaitu dengan membalik atau memindahkan rambatan tersebut ke atas bedengan. Hali ini bertujuan agar bakal buah yang ada bisa terfokus untuk pembesaran pada umbi buah yang ada di akar.

Selanjutnya untuk perawatan dari hama, gunakan pestisida yang khusus untuk menanggulangi ulat grayak. karena pada tanaman ubi jalar sering ditemukan banyaknya serangan ulat grayak, terlebih pada musim panas.

Pembalikan tanaman ubi

E. PANEN

    Ubi jalar dapat dipanen pada umur 120 HST. Pada usia ini ubi jalar siap dipanen dengan cara mencabut ubi dari bedengan.

Hasil Panen Ubi


Posting Komentar

0 Komentar