DOMAIN dan HOSTING

      Dunia internet saat ini menjadi kebutuhan penting bagi semua kalangan. Mulai dari kanak-kanak hingga orang tua sekalipun, bahkan kakek/nenek yang sudah berusia senja pun terkadang masih terlihat menggunakan gadget untuk berselancar didunia maya. Internet memiliki peranan penting dalam kehidupan saat ini, bagaimana tidak saat ini berbagai aspek kehidupan manusia baik itu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier mulai dihubungkan dengan jaringan internet. Begitu pula yang saya dan anda lakukan saat ini, secara sadar atau tidak sadar kita sedang menggunakan jaringan internet untuk berkomunikasi secara tidak langsung.

Pada kesempatan ini admin akan membagikan artikel tentang Domain dan Hosting. Apa itu Domain ? dan apa itu Hosting ? bagi orang awam dua kata ini pasti terasa aneh dan membingungkan, tetapi bagi pakar programer dua kata ini sudah menjadi makanan sehari-hari mereka tentunnya. hehe...

Oke... Lanjut ke topik pembahasan. artikel ini sengaja admin buat khusus untuk para pemula yang sedang belajar dalam mengelola website atau bagi mereka yang baru belajar programer. Yuk simak materinya...

  • Domain
       Domain merupakan sebuah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi atau menetapkan sebuah identitas alamat IP (Internet Protocol) agar alamat tersebut mudah diingat. Alamat IP sendiri adalah kumpulan nomor rumit yang ditetapkan intuk setiap komputer di dalam internet. 
Contoh IP
Alamat IP di ibaratkan seperti sebuah jalan yang menetapkan keberadaan sebuah komputer dalam internet dan membantu memberikan informasi ke beberapa komputer lain. Dengan kata lain Domain memudahkan kita untuk mencari alamat yang sedang kita cari melalui jaringan internet. Contoh dari domain adalah alamat website yang memiliki akhiran .com, .net, .id, dll.
  • Hosting
        Hosting adalah layanan penyimpanan data digital berupa teks, gambar, atau video. Data tersebut akan disimpan kedalam server dan terhubung melalui internet sehingga bisa di akses dari seluruh penjuru dunia.
Hosting
Proses Hosting
 
Selanjutnya output dari hosting tadi adalah sebuah website yang saat ini bisa kita gunakan sebagai media penyampaian informasi. Website tersebut akan menampilkan informasi sesuai dengan data yang ada didalam server.
Output Hosting

Website
Itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian Domain dan Hosting. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa bagikan ke semua orang artikel ini agar lebih bermanfaat lagi. Sampai jumpa pada artikel berikutnya....

Posting Komentar

0 Komentar